Jangan Lewatkan, Ada Gerhana Bintang Delta Sagitarii Malam Ini!

Kompas.com - 26/05/2015, 16:21 WIB

KOMPAS.com — Fenomena gerhana bintang akan kembali terjadi malam ini. Jangan lupa untuk menyaksikannya!

Gerhana bintang yang kali ini merupakan tertutupnya Delta Sagitarii oleh asteroid Julietta, sebuah asteroid yang terdapat di antara Mars dan Jupiter, yang ditemukan pada tahun 1933.

Hanya warga di wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur yang bisa menyaksikan fenomena menarik ini.

Astronom amatir Mutoha Arkanuddin mengungkapkan, gerhana atau okultasi akan terjadi dalam waktu yang sangat singkat, hanya 6 detik.

"Saat okultasi terjadi, kita akan melihatnya selama beberapa detik seolah cahaya bintang tersebut hilang lenyap begitu saja, dan 6 detik kemudian akan muncul kembali," kata Mutoha.

Gerhana sendiri akan terjadi pada Rabu (27/5/2015) pukul 02.18 WIB dini hari nanti. Karena gerhana hanya terjadi dalam waktu singkat, Mutoha menekankan pentingnya setting waktu.

"Jangan lupa, kalibrasi jam harus tepat juga," terang Mutoha, yang juga pembina kelompok astronom amatir Jogja Astro Club, Selasa (26/5/2015).

Saat gerhana, bintang Delta Sagitarii atau Kaus Media akan berada pada ketinggian 65 derajat. Dengan ketinggian itu, bintang tersebut akan lebih mudah diamati.

Jika pengamatan dilakukan di wilayah yang gelap dan minim polusi cahaya, fenomena gerhana Delta Sagitarii itu akan bisa dilihat dengan mata telanjang.

Bagi astronom, pengamatan gerhana bintang oleh asteroid merupakan sesuatu yang penting untuk mengetahui ukuran, komposisi, orbit, dan periode rotasi.

David Dunham dari International Occultation Timing (IOTA) bersama JAC bakal menggelar pengamatan di Yogyakarta dan Jawa Tengah.