Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nantikan, Masih Ada Satu Gerhana Bintang Lagi Mei Ini

Kompas.com - 25/05/2015, 08:51 WIB

KOMPAS.com
- Belum berkesempatan mengamati gerhana bintang Regulus yang terjadi Minggu (24/5/2015) malam? Jangan khawatir, bulan Mei ini, masih ada satu gerhana bintang yang bisa dilihat dari Indonesia.

Gerhana bintang kedua itu akan terjadi pada Rabu (27/5/2015) dini hari. Bintang Delta Sagitarii atau Kaus Meridianalis akan tertutup selama 6 detik oleh asteroid yang berukuran 42 kilometer bernama Julietta.

Astronom amatir Mutoha Arkanuddin mengatakan dalam catatannya pada Jumat (22/5/2015) bahwa gerhana bintang itu akan "terjadi pada dini hari pukul 2.18 dengan jalur ketertampakan di sekitar Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur."

Tak seperti gerhana atau okultasi Regulus, gerhana Delta Sagitarii terjadi ketika bintang tersebut berada pada posisi yang cukup tinggi di langit, sekitar 65 derajat. Hal itu akan lebih memudahkan pengamatan.

"Saat okultasi terjadi kita akan melihat selama beberapa detik seolah cahaya bintang tersebut hilang lenyap begitu saja dan beberapa saat kemudian akan muncul kembali," imbuh Mutoha yang menjadi pembina kelompok astronom amatir Jogja Astro Club.

Bagi astronom, pengamatan gerhana bintang oleh asteroid penting untuk mengetahui ukuran, komposisi, orbit, dan periode rotasi. David Dunham dari International Occultation Timing (IOTA) bersama JAC bakal menggelar pengamatan di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Bagaimana harus mengamati gerhana bintang itu? Apakah bisa dilihat dengan mata telanjang? Di mana saja pengamatan paling optimal bisa dilakukan? Simak ulasannya dalam artikel selanjutnya.

Catatan: Artikel telah diperbaiki untuk membetulkan nama bintang yang mengalami gerhana. Bukan Delta Aquarii, melainkan Delta Sagitarii.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com