Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Hewan-hewan di Muka Bumi Tidur dengan Aman?

Kompas.com - 18/05/2015, 22:06 WIB

KOMPAS.com - Tidur merupakan hal yang sangat penting bagi manusia dan binatang lainnya, tetapi mengapa kita memerlukannya masih belum benar-benar dipahami.

Di dunia binatang, tidaklah selalu mudah untuk tidur. Para pemangsa sudah menunggu. Induk yang harus menjaga anak-anaknya. Sementara, terdapat juga risiko jatuh dari puncak pohon yang sepertinya merupakan tempat aman untuk tidur.

Karena itulah banyak binatang menemukan cara tidur yang tidak biasa agar tetap bertahan hidup, seperti dilaporkan wartawan BBC Michelle Douglass.

Tidur dengan satu mata terbuka

Ungkapan "tidur dengan satu mata terbuka" adalah suatu hal yang memang harus dilakukan sejumlah spesies.

Gejala tidur dengan hanya satu mata tertutup paling terakhir ditemukan pada kelelawar buah Wahlberg (Epomophorus wahlbergi).

Tetapi hal ini juga terjadi diantara mamalia laut seperti pesut, ikan lumba-lumba hidung botol dan sejumlah anjing laut disamping beberapa unggas, termasuk ayam peliharaan, bebek dan penguin Humboldt.

Para peneliti di Afrika Selatan mengatakan kelelawar buah adalah mamalia bukan penghuni laut pertama yang dilaporkan tidur dengan cara seperti ini.

Sekitar 21% dari kelelawar yang diamati tidur dengan satu mata terbuka, sementara sayapnya menutupi mata yang tidak terbuka.

Tingkah laku seperti ini dikaitkan dengan keadaan tidur ketika setengah bagian otak tetap bangun sementara bagian lainnya tertidur, sesuatu yang disebut tidur unihemispheric.

Binatang kemungkinan melakukan hal ini antara lain untuk mengatasi pemangsa, bernafas di bawah permukaan air dan memungkinkan otak mengatasi kekurangan tidur.

Jangkar ganggang laut berang-berang

BBC Indonesia Mamalia berbulu lebat tidur terapung di air, menyelimuti tubuh dengan ganggang.

Tidur terlentang sambil mengapung kemungkinan terdengar nyaman, tetapi berang-berang laut harus memastikan mereka tidak hanyut.

Mamalia berbulu terlebat di kerajaan binatang ini seringkali menyelimuti diri dengan ganggang laut agar tidak hanyut saat tidur.

Binatang ini berkumpul, sampai sebanyak 100 ekor, membentuk 'rakit' berang-berang, tertutup ganggang, mengapung terlentang dengan tenang sementara tangan mereka merangkul dada.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com