Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perubahan Iklim Kutub Utara Menciptakan Zaman Baru

Kompas.com - 05/05/2015, 05:20 WIB

KOMPAS.com — Sejumlah perubahan Laut Kutub Utara begitu besar sehingga, menurut sejumlah ilmuwan Norwegia, kawasan tersebut dipandang memasuki "sebuah masa baru".

Menurut mereka, perubahan penutup tetap es yang tebal menjadi bentuk baru, ketika es yang lebih tipis menghilang pada musim panas, akan menciptakan pengaruh yang luas.

Norwegian Polar Institute melakukan sebuah ekspedisi ke Laut Kutub Utara pada bulan-bulan paling dingin tahun ini, seperti dilaporkan wartawan BBC, David Sukman.

Para peneliti harus menghadapi suhu yang sangat ekstrem dan keadaan yang gelap sama sekali. Tujuan penelitian mereka adalah mengumpulkan data keadaan es saat membeku pada musim dingin kutub.

Kapal penelitian, The Lance, ditempatkan di daerah sekitar 804 km dari Kutub Utara, dan kemungkinan hanyut karena terbawa balok es.

Direktur institut, Jan-Gunnar Winther, mengatakan, pengukuran tentang apa yang terjadi pada musim dingin penting untuk memperbaiki cara menghadapi perubahan iklim pada masa mendatang.

"Kita hampir tidak memiliki data Laut Kutub Utara pada musim dingin—dengan sejumlah pengecualian—jadi informasi ini sangat penting agar dapat memahami sejumlah proses saat es membeku pada permulaan musim dingin, dan kami juga akan tetap di sini saat salju meleleh pada musim panas," katanya.

"Masa baru telah terjadi. Kita beralih dari es tua ke es muda. Es yang lebih tipis dan model iklim yang dipakai saat ini tidak mewakili keadaan baru es ini," tambah Winther.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com