Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saudara T Rex Ini Justru Pemakan Tumbuhan

Kompas.com - 04/05/2015, 10:36 WIB


Saat mendengar kabar mengenai Tyrannosaurus rex (T. rex) umumnya yang teringat tentu ukuran tubuhnya yang sangat besar, wajah garang, dan ganas. Namun, kesan tersebut berbeda sekali dengan saudara T. rex yang ditemukan fosilnya di Cile. 

Chilesaurus diegosuarezi
merupakan saudara dari Tyrannosaurus rex si pemakan daging alias karnivora. Namun, Chilesaurus diegosuarezi tidak mengikuti jejak saudaranya itu, dan berevolusi menjadi herbivora.

"Ketika saya melihat bentuk fosil tulang ini, nampaknya ada yang berbeda," ujar Fernando Novas, salah satu peneliti dari Berbardino Rivadavia Natural Sciences Museum di Buenos Aires, Argentina.

Ia berpendapat, dinosaurus ini tampak tak biasa karena kombinasi yang berbeda dari tiga jenis kelompok dinosaurus lainnya.

Ketika itu tahun 2010, dua ahli geologi menemukan beberapa fosil di sekitar Cile. Salah satunya adalah Chilesaurus diegosuarezi. Sejak temuan itu, pihak Cile dan Argentina bekerja sama meneliti lusinan fosil Chilesaurus.

Meski tidak seluruh bagian dinosaurus ini ditemukan, peneliti menemukan hal yang berbeda. Chilesaurus memiliki tengkorak kecil, leher panjang namun besar, dan kaki yang tidak lurus. "Kaki milik Chilesaurus memang untuk berjalan, tidak untuk berlari," ujar Novas.

Sementara menurut Thomas Carr dari Carthage Collage di Wisconsin, Chilesaurus merupakan spesies yang luar biasa unik. Pasalnya, melalui temuan Chilesaurus dapat diketahui tentang evolusi dinosaurus. Seperti jenis theropoda yakni dinosaurus yang berjalan dengan kaki dan pemakan daging, ternyata dapat berevolusi menjadi herbivora atau pemakan tumbuhan.(Livescience)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com