Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Miliar Bangkai Ubur-ubur Biru Terdampar di Pantai Barat Amerika

Kompas.com - 23/04/2015, 09:05 WIB


KOMPAS.com — Bangkai ubur-ubur biru jenis Velella velella yang jumlahnya jutaan hingga satu miliar ini ditemukan menyelimuti pesisir barat Amerika.

Bangkai ubur-ubur biru itu menyelimuti pantai-pantai di pesisir barat California sejak beberapa minggu terakhir.

Ubur-ubur yang sering kali disebut "pelaut warna ungu" ini terdampar di sepanjang pesisir layaknya bentangan karpet biru.

Fenomena menyedihkan itu terjadi akibat adanya perubahan arah angin yang dimulai sejak sekitar tiga sampai enam minggu lalu.

Ubur-ubur biasanya melayang di bawah permukaan air, mencari plankton-plankton kecil. Tubuhnya bergerak santai mengikuti arus ombak. Namun, dalam beberapa tahun belakangan, ubur-ubur biru ini terdorong dengan paksa ke pesisir pantai.

Kevin Raskoff, seorang ahli biologi laut dari Monterey Peninsula College, mengatakan bahwa fenomena ini bisa saja terjadi tiap tiga sampai enam tahun sekali.

Ia menduga, ubur-ubur biru yang mati dan terempas ke pesisir pantai California itu jumlahnya mendekati satu milliar ekor.

Ia mengimbau masyarakat agar tidak mengambil bangkai ubur-ubur tersebut karena adanya hukum di California yang melarang untuk mengambil binatang laut tanpa izin. (Jane J Lee/National Geographic)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com