Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebab Musabab Dengung Misterius Bumi Akhirnya Terungkap

Kompas.com - 20/04/2015, 07:17 WIB

KOMPAS.com — Bumi tidak diam, tetapi menghasilkan suara yang mirip dengung dan bisa bertahan selama berbulan-bulan. Selama puluhan tahun, ilmuwan berusaha mengetahui sebab musabab suara misterius itu.

Menggunakan pemodelan komputer, Fabrice Ardhuin, pakar oseanografi dari French Research Institute for Exploitation of the Sea, akhirnya berhasil mengungkapnya.

Sebelumnya, banyak ilmuwan berpikir bahwa dengung itu dihasilkan oleh gelombang besar di samudra yang bisa mencapai dasar laut. Gelombang itu bisa mengaduk lautan, menggoyang benua, hingga menghasilkan bunyi dengung.

Namun, hasil penelitian Ardhuin mengungkap bahwa pandangan banyak ilmuwan tersebut kurang tepat.

Ardhuin mengatakan, dengung misterius Bumi disebabkan oleh tabrakan dua gelombang besar di lautan yang menghasilkan gelombang seismik kecil. Gelombang itu butuh waktu 13 detik guna menyelesaikan satu getaran.

Sementara itu, gelombang yang pelan di dasar laut juga bisa menghasilkan gelombang seismik dengan frekuensi 13-300 detik. Sebagian besar dengung berasal dari gelombang ini.

"Menurut saya, hasil penelitian kami adalah langkah penting dalam transformasi suara misterius Bumi menjadi sinyal yang bisa dijelaskan," ungkap Ardhuin seperti dikutip Livescience, Selasa (14/4/2015).

Gelombang seismik yang menghasilkan dengung Bumi terus berlangsung sepanjang waktu, walaupun tak ada gempa. Fenomena itu disebut aktivitas mikroseismik.

Ilmuwan mengatakan, terungkapnya misteri tentang dengung Bumi akan membantu mengungkap lebih banyak teka-teki tentang struktur Bumi. Hasil penelitian ini dipublikasikan di jurnal Geophysical Research Letter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com