Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerhana Bulan Sesingkat Malam Ini Baru Akan Terulang 140 Tahun Lagi

Kompas.com - 04/04/2015, 12:50 WIB

KOMPAS.com — Jangan sampai melewatkan fenomena gerhana bulan langka pada Sabtu (4/4/2015) malam. Anda takkan punya kesempatan lain lagi.

Gerhana kali ini langka sebab durasi totalitasnya yang supersingkat, kurang dari 5 menit. Umumnya, totalitas gerhana bulan terjadi puluhan menit.

Data Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengungkap bahwa gerhana dengan totalitas kurang dari 5 menit hanya terjadi dua kali dalam satu milenium terakhir.

Gerhana-gerhana singkat itu adalah gerhana bulan total 19 April 767 dengan totalitas 2 menit 24 detik dan 17 Oktober 1529 dengan totalitas 1 menit 41 detik.

Gerhana bulan malam nanti merupakan gerhana bulan dengan totalitas kurang dari 5 menit pertama dalam 500 tahun terakhir.

Jika melewatkan gerhana bulan malam ini, itu berarti Anda melewatkan fenomena sekali seumur hidup.

Fenomena bulan merah darah yang supersingkat, menurut data NASA, baru akan terjadi lagi 11 September 2155 dengan durasi totalitas 2 menit 36 detik, 140 tahun lagi.

Dengan rata-rata umur manusia kini yang tak sampai 100 tahun, Anda takkan punya kesempatan lain untuk untuk mengamati gerhana bulan supersingkat seperti malam nanti.

Jadi, jika cuaca mendukung, jangan sampai melewatkannya. Simak tips dalam artikel ini untuk mengamatinya. Selamat mengamati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com