Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panda Edinburgh Menjalani Pembuahan Buatan

Kompas.com - 27/03/2015, 07:16 WIB

KOMPAS.com - Panda besar betina di Kebun Binatang Edinburgh telah menjalani inseminasi buatan. Kebun binatang juga berusaha membuatnya melakukan perkawinan alamiah sebelum masa subur yang pendek berakhir.

Edinburgh mendapatkan panda tersebut lewat program peminjaman dari Tiongkok pada tahun 2011 dan usaha sebelumnya untuk membuat mereka kawin mengalami kegagalan.

Tian Tian yang berarti si Manis dan Yang Guang atau Sinar Matahari adalah panda raksasa pertama yang tinggal di Inggris selama 17 tahun.

Panda terakhir di Inggris, Ming Ming dan Bao Bao, meninggalkan kebun binatang di London pada tahun 1994 setelah gagal berkembang biak.

Iain Valentine, direktur panda besar Royal Zoological Society of Scotland (RZSS) mengatakan pembuahan buatan pada Tian Tian dilakukan Kamis (26/3/2015) dinihari.

"Prosedur dilakukan oleh tim ahli tiga dokter hewan pada RZSS, di samping Dokter Wang Chengdong dari China Conservation and Research Centre for Giant Pandas (CCRCGP)," katanya.

"Hanya sperma dari panda jantan Yang Guang yang digunakan pada prosedur tersebut.

"Pembuahan alamiah juga diusahakan hari ini sebelum berakhirnya masa subur yang pendek pada sore ini (Kamis) karena kedua panda masih sangat saling tertarik, tetapi Tian Tian terlalu cepat mencapai puncak sehingga yang menjadi prioritas adalah langsung melakukan inseminasi buatan," tambah Valentine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com