Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah yang Akan Terjadi pada Janin jika Anda Ngotot Merokok Selama Hamil

Kompas.com - 24/03/2015, 09:48 WIB

KOMPAS.com - Sebuah studi untuk pertama kalinya berhasil menunjukkan dampak aktivitas ibu yang merokok pada janinnya secara nyata. Studi mengungkap bahwa aktivitas ibu yang merokok selama kehamilan berpengaruh pada perilaku dan perkembangan janin.

Nadja Reissland dari Durham University mengobservasi 20 ibu hamil di James Cook University Hospital di Middlesbrough. Empat diantara sejumlah ibu tersebut merokok hingga 14 batang sehari.

Menggunakan instrumen scan 4D, Reissland mengawasi janin yang dikandung para ibu tersebut. Pemindaian untuk mengetahui perilaku janin dilakukan pada minggu ke 24, 28, 32, dan 36.

Ilmuwan mengetahui bahwa selama di dalam kandungan, janin kerap menggerakkan mulut serta menyentuh diri mereka sendiri pada bagian wajah dan mulut. Frekuensi menyentuh diri sendiri semakin berkurang menjelang kelahiran.

Berdasarkan penelitiannya yang dipublikasikan di jurnal Acta Paediatrica, Reissland menuturkan bahwa janin yang dikandung oleh ibu perokok menggerakkan mulut dan menyentuh diri sendiri dengan frekuensi yang lebih tinggi.

Gerakan mulut serta menyentuh diri sendiri menunjukkan kemampuan kontrol atas tubuh, yang menjadi semakin baik menjelang kelahiran. Dengan frekuensi lebih tinggi, maka janin menunjukkan kemampuan kontrol yang lebih rendah.

Reissland mengatakan, studi ini masih tahap awal untuk membuktikan dampak merokok pada perkembangan saraf pusat janin. "Studi lebih besar diperlukan guna menginvestigasi efek spesifik, termasuk interkasi stres ibu dan merokok," katanya.

Diberitakan Daily Mail, Senin (23/3/2015), Reissland berharap bisa menyadarkan perempuan untuk berhenti merokok selama hamil. Riset ini menambah satu lagi bukti dampak buruk aktivitas ibu merokok pada janin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com