Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Cholita Si Beruang Paddington Jangan Sampai Berakhir Tragis

Kompas.com - 23/03/2015, 20:02 WIB


KOMPAS.com — Perlakuan manajemen sirkus kepada seekor beruang Paddington ini sangat memilukan. Bagaimana tidak, jari-jari milik Cholita, begitu ia disebut, dipotong hingga cakarnya tidak dapat tumbuh. Giginya pun sengaja dicabut.

Semua itu dilakukan dengan tujuan agar sang beruang tidak dapat melukai siapa pun ketika dilatih.

Kisah yang dialami Cholita ini menyentuh hati banyak orang sehingga kampanye pun dibuat untuk menyegerakan penyelamatannya.

Badan amal untuk perlindungan binatang di London, Animal Defenders International (ADI), telah mengutus anggotanya untuk menyelamatkan sang beruang Peru ini.

Pembuat tokoh dan cerita beruang Paddington, Michael Bond, juga turun tangan dalam aksi penyelamatan Cholita. Ia mengatakan kepada publik bahwa ia sangat menyayangi segala jenis beruang, khususnya yang berasal dari Peru.

"Yang dialami Cholita merupakan kisah yang sangat menyedihkan. Saya sangat berharap Cholita segera mendapatkan perlindungan yang ia butuhkan," ungkap Bond.

Presiden ADI Jan Creamer mengatakan, "Beruang tua ini telah mengalami siksaan yang berat. Namun, kita masih dapat memberinya kesempatan untuk menikmati sisa hidupnya dengan layak, dengan menyegerakan kedatangannya ke ADI."

Saat ditahan di kebun binatang, anggota badan amal mengungkap bahwa Cholita terkurung di dalam kotak berukuran 1,5 x 1,5 meter, giginya hancur, sehingga ia tidak dapat melindungi dirinya sendiri.

Badan amal ADI juga berharap bahwa mereka dapat membawa sang beruang dan 33 singa lain yang juga sedang dalam upaya pembebasan dari lingkungan sirkus, ke sebuah habitat baru di Colorado, bulan April mendatang.(Metro.co.uk)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com