Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Takkan Percaya, Moyang Udang Ternyata Raksasa Laut Purba

Kompas.com - 13/03/2015, 21:21 WIB

KOMPAS.com - Udang adalah hewan laut kecil yang habis disantap dalam beberapa gigitan. Tapi siapa sangka, moyang krustasea itu ternyata merupakan raksasa pada zaman purba.

Peter Van Roy dari Yale University bersama rekannya, Allison Daley dan Derek Briggs baru-baru ini menemukan sisa-sisa moyang udang itu, bernama Aegirocassis benmoulae. Mereka menemukannya di Maroko.

Ilmuwan mengetahui bahwa satwa tersebut merupakan moyang udang dari alat renangnya. Dalam biologi evolusi, alat gerak yang membantu renang, disebut swim flap, itu kemudian berkembang menjadi organ gerak udang dan lobster saat ini.

"Ukuran raksasa A. benmoulae merepresentasikan contoh awal dari cara hidup filter feeder dan berkorelasi dengan gigantisme," kata Van Roy seperti dikutip Discovery, Kamis (12/3/2015).

Filter feeder merupakan jenis hewan yang memperoleh makanan dengan cara menyaring air untuk mendapatkan plankton. Kerang, paus baleen, dan beberapa jenis bebek merupakan golongan filter feeder.

Hewan-hewan yang merupakan filter feeder biasanya berukuran kecil. A. benmoulae yang hidup di Bumi sekitar 485 juta tahun yang lalu merupakan filter feeder purba pertama yang berukuran besar.

Ukuran satwa tersebut sekitar 2 meter. Dengan ukurannya, Daley mengatakan bahwa A. benmoulae merupakan salah satu arthropoda terbesar yang pernah hidup di muka Bumi. Penemuan fosil A benmoulae dipublikasikan di jurnal Nature pada Kamis.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com