Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ceret Antik Berhias Figur Dewa Yunani Ditemukan di Makam Seorang Pangeran

Kompas.com - 10/03/2015, 11:29 WIB

KOMPAS.com - Sebuah makam mewah ditemukan di dekat kota Kota Lavau, Champagne, Perancis. Makam itu menyimpan sejumlah artefak kuno seperti guci anggur, ceret dengan figur dewa Acheolus pada pegangannya hingga hiasan kepala singa dari abad ke 5 SM.

"Ini mungkin makam pangeran lokal orang Kelt," kata Dominica Garcia, presiden National Archaeological Research Institute seperti dikutip Huffington Post, Senin (9/3/2015).

Makam itu berada dalam satu kompleks dengan lebar 40 meter. Bagian inti makam sebesar 14 meter. Kompleks itu juga memiliki sejumlah makam yang diduga merupakan keturunan dan prajurit sang pangeran.

Sejumlah harta karun ditemukan setelah arkeolog melakukan ekskavasi sejak Oktober 2014 lalu. Para arkeolog menduga, artefak-artefak itu bisa menjadi petunjuk interaksi dagang antara Mediterania dengan orang Kelt.

INRAP Guci anggur, bagian kiri, dari makam pangeran bangsa Kelt yang diduga buatan Etruska atau Yunani. pada kanan, arkeolog mengekskavasi ketel kuno.

Salah satu artefak yang menunjukkan adanya hubungan dagang adalah guci untuk membuat anggur. "Kami menduga ini buatan Etruska atau Yunani," kata Emilie Millet, salah satu arkeolog yang terlibat penelitian.

Selain menemukan sisa-sisa sang pangeran dan artefaknya, tim arkeolog juga menemukan tulang-belulang yang diduga milik seorang perempuan. Sang perempuan mungkin adalah kerabat pangeran.

Abad ke-5 hingga ke-6 SM ditandai dengan bangkitnya kota-kota Etruska dan Yunani seperti Marseilles di Perancis. Saat itu, orang-orang Mediterania banyak datang mencari budak hingga logam, membuka hubungan dengan orang Kelt.

INRAP Hiasan kucing yang ditemukan pada makam seorang Pangeran bangsa Kelt.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com