Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kita Lebih Cerdas daripada Simpanse? Ilmuwan Ungkap Rahasianya

Kompas.com - 03/03/2015, 19:57 WIB

KOMPAS.com — Mengapa kita lebih cerdas daripada simpanse? Lewat penelitian genetik terbaru, ilmuwan mengungkap jawabannya.

Menurut Marta Florio, peneliti dari Max Planck Institute of Molecular Cell Biology and Genetics, manusia bisa lebih cerdas daripada simpanse karena memiliki gen ARHGAP11B yang berperan dalam perkembangan otak.

Florio melakukan eksperimen dengan tikus putih. Gen ARHGAP11B diinjeksikan pada embrio tikus putih dan perkembangannya dilihat.

Hasil penelitian mengungkap bahwa gen tersebut membuat otak memiliki lebih banyak lekuk-lekuk, memungkinkan bagian neuro-korteks otak memiliki lebih banyak jaringan saraf. Dengan begitu, kecerdasan juga meningkat.

"Sangat keren bahwa gen kecil saja bisa memengaruhi fenotif (ekspresi) dari sel punca yang bertanggung jawab pada ekspansi neuro-korteks," kata Florio.

Diberitakan Livescience, Kamis (26/2/2015), Florio percaya bahwa gen yang juga ditemukan pada jenis Neanderthal dan Denisovan tersebut bukan satu-satunya gen yang menentukan kecerdasan manusia.

Meski berbagi 99 persen DNA dengan simpanse, Florio percaya bahwa manusia masih menyimpan banyak perbedaan dengan simpanse sehingga lebih cerdas.

Evolusi memungkinkan volume otak manusia terus tumbuh besar. Sekitar 3,8 juta tahun lalu, spesies manusia purba Australopithecus afraensis hanya memiliki volume otak sebesar 50 sentimeter kubik.

Sementara itu, 1,8 juta tahun lalu, Homo erectus sudah memiliki volume otak dua kali A afraensis. Neanderthal kemudian punya volume otak 1,4 liter.

Ilmuwan percaya, kecerdasan ditentukan oleh faktor lain selain volume otak, seperti proses pertumbuhan sel otak. Florio akan terus melakukan penelitian lanjutan pada embiro tikus putih untuk mengonfirmasi peran gen ARHGAP11B pada kecerdasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com