Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Hujan Hari Ini Luar Biasa, Setara Total Hujan Sebulan

Kompas.com - 09/02/2015, 21:31 WIB

KOMPAS.com — Intensitas hujan di wilayah Jabodetabek pada Senin (9/2/2015) luar biasa. Kepala Balitbang Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Edvin Aldrian mengatakan, hujan hari ini setara dengan rata-rata hujan dalam sebulan.

"Rata-rata hujan dalam sebulan itu 300-400 mm. Hari ini kita ukur dari stasiun kita di kantor BMKG mencapai 360 mm per hari untuk wilayah Jakarta Pusat. Jadi, hujan untuk sebulan tumpah dalam sehari. Luar biasa," kata Edvin.

Hujan mulai mengguyur Jakarta pada Senin dini hari. Sejak dini hari hingga tengah hari, intensitas hujan di wilayah Jakarta Pusat mencapai 177 mm, sementara pada siang hari, total intensitas hujan mencapai 198 mm.

"Besok (Selasa, 10/2/2015) kemungkinan hujan sudah mereda, tetapi masih akan tetap basah," ungkap Edvin saat dihubungi Kompas.com. Warga Jabodetabek masih harus mewaspadai hujan dan banjir.

Peneliti meteorologi tropis Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Tri Handoko Seto, menduga hujan Jakarta hari ini disebabkan oleh seruak dingin dari Siberia, aliran udara dingin dari utara Bumi.

Namun, Edvin meyakini bahwa penyebabnya bukan seruak dingin, melainkan awan hujan yang terkonsentrasi di Jabodetabek. "Kalau seruak dingin wilayah Selat Karimata itu kering, ini tidak," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com