Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengerat Raksasa Purba Melawan Mangsa dengan Gigi Tonggos

Kompas.com - 08/02/2015, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Jutaan tahun lalu, Bumi pernah dihuni oleh hewan pengerat (sebangsa dengan tikus) raksasa yang beratnya mencapai 1 ton. Riset anatomi terbaru mengungkap bahwa hewan yang hidup di Amerika Selatan itu punya gigi seri tonggos yang berfungsi seperti belalai.

Fosil hewan dengan nama spesies Josephoartigasia monesi tersebut ditemukan pertama kali di Uruguay pada tahun 2007 lalu. Satwa purba yang dinyatakan sebagai pengerat terbesar itu hidup pada masa yang disebut Pliocene di mana mamalia besar, termasuk mammoth,  melimpah di muka Bumi.

Ilmuwan dari University of York di Inggris dan Uruguay mempelajari tengkorak spesies tersebut dengan CT Scan. Mereka merekonstruksi tengkorak hewan pengerat itu kemudian mencoba menghitung tekanan dan tegangan yang dihasilkan oleh setiap gigi. Hasil riset dipublikasikan di Journal of Anatomy.

Hasil penelitian mengungkap bahwa gigitan hewan pengerat itu ternyata sangat kuat, setara dengan gigitan harimau saat ini. Gigi seri atas memiliki ukuran mencapai 30 cm sehingga diduga memiliki fungsi lebih dari sekadar menggigit, seperti perlindungan diri.

"Kami menyimpulkan bahwa bahwa Josephoartigasia monesi pasti menggunakan gigi serinya untuk aktivitas elain menggigit, seperti menggali tanah untuk mencari makanan atau melindungi diri dari predator, kata Phillip Cox, ahli anatomi dari Hull York Medical School dan University of York yang memimpin riset.

"Itu sama dengan cara gajah saat ini menggunakan belalainya," imbuhnya seperti dikutip BBC, Rabu (4/2/2015). Josephoartigasia monesi diduga punah dua juta tahun yang lalu. Belum diketahui dengan pasti penyebab kepunahan pengerat raksasa tersebut.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com