Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Pluto Terungkap lewat Foto Wahana New Horizon

Kompas.com - 08/02/2015, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Wajah planet kerdil Pluto diabadikan untuk pertama kalinya oleh wahana New Horizon. Memotret dari jarak 202 juta kilometer dengan kamera Long Range Reconnaissance Imager (LORRI), wahana itu menyuguhkan wajah Pluto yang buram.

Meskipun demikian, keberhasilan pengambilan wajah Pluto yang diambil beserta salah satu bulannya, Charon, adalah sebuah prestasi setelah 9 tahun wahana milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) itu menempuh perjalanan miliaran kilometer.

"Pluto akhirnya menjadi lebih dari sekadar titik cahaya," kata Hall Weaver, pimpinan proyek New Horizon dan John Hopkins University Applied Physics Laboratory di Maryland seperti dikutip Discovery, Kamis (5/2/2015)

NASA merilis foto Pluto dan Charon pada Rabu (4/2/2015) lalu. Tanggal rilis bertepatan dengan ulang tahun ke 109 Clyde Tombaugh, astronom Observatorium Lowell yang menemukan Pluto pada tahun 1930 lalu.

"Ini adalah hadiah ulang tahun kepada Profesor Tombaugh and keluarganya, sebagai penghormatan pada penemuan dan pencapaian dalam hidupnya yang benar-benar menjadi pelopor dalam astronomi abad 21," kata Alan Stern, pimpinan investigasi New Horizon.

Anette Tombaugh, putri almarhum Clyde Tombaugh mengungkapkan bahwa misi New Horizon dan foto yang dihasilkannya pasti akan membuat ayahnya bangga bila masih dalam keadaan hidup saat ini.

"Ayah saya pasti akan bangga dengan New Horizon, melihat planet temuannya dan mengetahui lebih tentangnya, melihat bulan-bulan Pluto, dia akan terkejut," katanya seperti dikutip BBC, Kamis.

New Horizon diluncurkan NASA pada tahun 2006. Dalam beberapa waktu ke depan, wahana itu akan semakin mendekati Pluto beserta bulannya dan bakal mengirim foto-foto terbaik planet kerdil itu. Foto New Horizon bakal mengalahkan foto teleksop Hubble.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com