Mengagumkan, Setengah dari Tubuh Satwa Purba Ini adalah Leher

Kompas.com - 02/02/2015, 11:28 WIB

KOMPAS.com — Dinosaurus baru ditemukan di kota Qijiang, China, oleh pekerja konstruksi. Diperkirakan, satwa yang dinamai Qijianglong guokr itu hidup 160 juta tahun yang lalu.

Dinosaurus pemakan tumbuhan tersebut punya perawakan yang tak biasa, setengah dari tubuhnya adalah leher. Memiliki panjang tubuh sekitar 14 meter, leher dinosaurus itu sepanjang 7 meter.

Para pekerja konstruksi beserta paleontolog mengangkat fosil dinosaurus itu dengan hati-hati. Mereka berhasil mengangkat kepala lengkap dengan leher satwa purba itu.

"Sangat langka menemukan kepala dan leher dinosaurus berleher panjang bersama-sama karena kepalanya sangat kecil dan mudah terpisah setelah hewan itu mati," kata Tetsuo Miyashita, ilmuwan yang terlibat penemuan itu.

"Qijianglong adalah satwa yang keren," ungkap Miyashita yang merupakan paleontolog dari Univerity of Alberta.

"Jika membayangkan hewan yang setengah dari tubuhnya adalah leher, Anda bisa tahu bahwa evolusi bisa berlangsung dengan sangat hebat," imbuhnya seperti dikutip Discovery pada Jumat (30/1/2015).

Dinosaurus jenis sauropoda juga memiliki leher panjang. Namun, panjangnya biasanya hanya sepertiganya. Jadi, si Qijianglong sangat istimewa.

Qijianglong guokr punya adaptasi anatomi yang menarik. Tulangnya memiliki banyak rongga. Jadi, meski berleher panjang, dinosaurus tersebut takkan merasa pegal. Namun begitu, leher tetap kuat.

Leher hewan itu diperkirakan lebih banyak bergerak naik turun daripada ke arah kanan dan kiri.

Qijianglong guokr tergolong jenis mamenchisaurus. Jenis tersebut hanya ditemukan di Asia. Dinosaurus dengan panjang leher ekstrem itu sendiri hanya bisa ditemukan di China, menunjukkan bahwa jenis itu mengalami isolasi.

Miyashita berteori, batasan berupa laut atau lainnya mungkin adalah faktor yang membuat satwa itu terisolasi.

"Masih misteri mengapa mamenchisaurus tidak bermigrasi ke benua lain," kata Miyashita. Fosil Qijianglong guokr yang ditemukan kini disipman di museum kota Qijiang. Dinosaurus itu bakal menjadi bintang museum.