Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manusia Memakai Alat Batu sejak 3,4 Juta Tahun Lalu

Kompas.com - 26/01/2015, 20:03 WIB

KOMPAS.com - Penelitian terbaru menentang bahwa Homo habilis adalah perajin batu pertama yakni sekitar 2,4 juta tahun lalu.

Seperti dipublikasikan dalam jurnal Science, Dr. Tracy Kivell dari University of Kent mengungkap penggunaan batu telah digunakan jauh lebih lama dibandingkan teori yang selama ini berkembang.

Australopithecus merupakan individu yang memiliki campuran kera dan sosok manusia. Mereka menggunakan kaki untuk berjalan tegak, akan tetapi memiliki lengan panjang untuk memanjat pohon.

Menurut Kivell serta rekan-rekannya bahwa temuan struktur tulang internal  tangan Australopithecus berasal dari Zaman Pliosen atau sekitar 5,3 juta hingga 2,6 juta tahun lalu.

Sementara Dr Matthew Skinner searing ahli paleoanthropology dari University of Kent dan Institute for Evolutionary Anthropology mengungkap seperti dikutip dari Discovery News, “Alat-alat batu pertama terbuat dari batu kerikil dan serpihan sederhana. Digunakan sekitar 2,5 juta tahun lalu di Ethiopia.”

Namun dengan temuan baru ini, menurutnya, menunjukkan beberapa bukti bahwa benda batu pertama kali digunakan sejak 3,4 juta tahun lalu . Ia juga menambahkan bahwa kemungkinan Australopithecus telah menggunakan benda-benda dari batu pada periode tersebut.

Dr Matthew Tocheri dari Lakehead University mengatakan bahwa Australopithecus tidak hanya mempu menggunakan tangan tetapi mereka juga hidup seperti manusia daripada kera besar. Itulah sebabnya tulang yang berhasil ditemukan benar-benar mirip dengan tulang tangan manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com