Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Planet Kerdil Sebesar Pulau Jawa Dipotret

Kompas.com - 20/01/2015, 23:09 WIB

KOMPAS.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis citra planet kerdil Ceres dengan fitur kawah di permukaannya pada Senin (19/1/2015).

Citra obyek yang terletak di antara Mars dan Jupiter itu diambil oleh wahana Dawn pada jarak sekitar 450.000 kilometer dari permukannya pada 13 Januari 2015 lalu.

Memiliki diameter 949 kilometer, maka Ceres kurang lebih setara dengan panjang Pulau Jawa dari ujung barat ke timur.

"Kita tahu banyak tentang Tata Surya tetapi sangat sedikit tentang planet kerdil Ceres. Sekarang dawn akan mengubahnya," kata Marc Rayman, pimpinan misi Dawn.

Diberitakan CNN, Selasa (20/1/2015), teleskop Hubble milik NASA juga pernah memotret Ceres tahun 2003 dan 2004.

Hasil foto Dawn memang hanya 80 persen resolusi foto Hubble. Namun, seiring Dawn mendekati Ceres, diharapkan citra yang lebih detail bisa didapatkan.

Dawn yang diluncurkan pada tahun 2007 akan memasuki orbit Ceres pada Maret 2015 nanti. Dawn ini akan menjadi wahana pertama yang mendarat di planet kerdil.

Misi Dawn mendarat di planet kerdil akan diikuti oleh New Horizon yang diperkirakan bakal sampai di planet kerdil Pluto pada Juli nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com