Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Ungkap Momen Langka Ketika Komet Lovejoy Melintasi Langit Yogyakarta

Kompas.com - 15/01/2015, 17:28 WIB

KOMPAS.com — Momen ketika komet C/2014 Q2 alias Lovejoy melintasi langit Yogyakarta berhasil diabadikan oleh tim astronom amatir dari Penjelajah Langit dan Taman Pintar Astro Club.

Dalam video tersebut, komet Lovejoy tampak sebagai bola putih dengan pendaran berwarna hijau. Video berdurasi 1 menit 4 detik itu menunjukkan gerak lambat komet di langit kota pelajar itu.

Eko Hadi G, astronom amatir dari Penjelajah Langit yang terlibat dalam pengamatan dan pengambilan video tersebut, mengungkapkan bahwa timnya mengabadikan Lovejoy pada Minggu (11/1/2015) dari Taman Pintar, Yogyakarta. Saat itu, langit kebetulan cerah.

"Pada saat pembuatan video itu, kita menggunakan metode timelapse. Sekitar 6-7 foto diambil dalam waktu kurang lebih 78 detik atau sekitar 1 menit 18 detik dengan ISO 3200," kata Eko.

"Foto kita ambil continous. Instrumen yang kita gunakan adalah kamera DSLR dan teleskop yang sudah bisa tracking dengan fokus sekitar 1,9 meter," imbuh Eko dalam percakapan dengan Kompas.com, Kamis (15/1/2015).

Sayang, video tak menggambarkan ekor komet. Eko menuturkan, penyebabnya adalah polusi cahaya yang tinggi di lokasi pengambilan video. Tim tidak dapat memaksimalkan shutter saat pengambilan gambar.

"Per gambar kita ambil 13 detik. Di atas itu, komet sudah tidak tampak hijau dan mulai berwarna putih. Seandainya pengambilan gambar bisa diambil di lokasi yang jauh dari pusat kota, kita bisa maksimalkan gambar yang ada. Pakai shutter 90 detik berani," urainya.

Video yang diambil oleh Penjelajah Langit dan Taman Pintar Astro Club melengkapi dokumentasi melintasnya komet Lovejoy di langit Indonesia. Sebelumnya, sejumlah astronom amatir Tanah Air sudah mengabadikannya lewat foto.

Komet Lovejoy ditemukan astronom amatir Australia, Terry Lovejoy, pada 17 Agustus 2014 lewat pengamatan dengan teleskop 0,2 meter Schmidt–Cassegrain. Lovejoy punya nama asli C/2014 Q2, tetapi lebih sering disebut Lovejoy, sesuai nama penemunya.

Terry Lovejoy sendiri sudah menemukan lima komet, salah satunya C/2011 W3, yang juga disebut komet Lovejoy. Penampakan C/2014 Q2 Lovejoy adalah fenomena sekali seumur hidup. Komet ini pernah melintas 11.500 tahun lalu. Setelah saat ini, Lovejoy baru akan tampak 8.000 tahun lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com