Komet Lovejoy Masih Bakal Tampak Sepanjang Minggu Ini, Ayo Amati!

Kompas.com - 12/01/2015, 06:00 WIB

KOMPAS.com — Terlewat atau gagal mengamati komet Lovejoy pada puncak kecerlangannya Minggu (11/1/2015)? Jangan khawatir, masih ada kesempatan untuk menyaksikannya.

Muhammad Rayhan, astronom amatir dan salah satu pembina Himpunan Astronom Amatir Jakarta (HAAJ), mengatakan, Lovejoy bakal bisa dilihat dalam jangka waktu lama.

"Dalam jangka waktu lima hari mendatang, (Lovejoy) masih bisa disaksikan dengan mata telanjang," kata Rayhan kepada Kompas.com, Minggu.

"Setelah lima hari, (Lovejoy) akan tampak dengan alat bantu seperti binokuler. Dengan teleskop, (Lovejoy) bisa diamati hingga pertengahan tahun," imbuhnya.

Lovejoy tampak lebih jelas dibandingkan dengan obyek redup lain. Komet itu bakal tampak sebagai titik berwarna hijau.

Untuk bisa menyaksikan dengan mata telanjang selama lima hari ke depan, butuh kondisi langit yang ideal, yaitu langit yang cerah tanpa mendung serta bebas dari polusi cahaya.

Warga kota besar seperti Jakarta dan Bandung akan sulit menyaksikan dengan mata telanjang karena tingginya polusi cahaya.

Meski demikian, peralatan sederhana seperti binokuler dan kamera DSLR bisa digunakan. Kamera bisa dipakai sebab punya kemampuan merekam cahaya lebih lama.

Dalam 3-4 hari ke depan, Lovejoy bakal berada di rasi Taurus. Posisinya akan terus bergeser.

Untuk mencari rasi Taurus, mudahnya adalah menggunakan arah angin dan posisi berdiri sebagai patokan.

Hingga empat hari ke depan, Taurus akan terbit di langit sebelah utara, berdekatan dengan atas kepala.

Cara lain untuk mencarinya adalah dengan menggunakan perangkat lunak astronomi yang bisa diunduh gratis, Stellarium.

Pengguna smartphone juga bisa mengunduh aplikasi astronomi, seperti Google Sky Map, untuk Android. Posisi rasi Taurus bisa dilacak dengan aplikasi itu.

Komet Lovejoy ditemukan astronom amatir Australia, Tery Lovejoy, pada 17 Agustus 2014 lewat pengamatan dengan teleskop 0,2 meter Schmidt–Cassegrain.

Lovejoy punya nama asli C/2014 Q2, tetapi lebih sering disebut Lovejoy, sesuai nama penemunya.

Terry Lovejoy sendiri sudah menemukan lima komet, salah satunya C/2011 W3, yang juga disebut komet Lovejoy kala itu.

Penampakan C/2014 Q2 Lovejoy adalah fenomena sekali seumur hidup. Setelah saat ini, komet itu baru akan tampak 8.000 tahun lagi. Jadi, terlalu sayang untuk dilewatkan. Saksikan!

Graeme-Quinn-lovejoy211214_1419315782