Bimasakti Punya "Tetangga" Baru, Sebuah Galaksi Kecil dan Kesepian

Kompas.com - 23/12/2014, 09:46 WIB

KOMPAS.com — Di tengah perkampungan galaksi sekitar Bimasakti yang padat, astronom baru-baru ini menemukan galaksi kecil yang kesepian.

Galaksi yang dinamai KKs3 itu berada di langit selatan, pada arah rasi Hydrus. Jaraknya sekitar 7 juta tahun cahaya dari Bimasakti.

Masuk dalam perkampungan galaksi yang disebut Local Group, mencakup juga Bimasakti dan Andromeda, galaksi itu berukuran sangat kecil, cuma seperseribu Bimasakti.

Jaraknya yang jauh membuat galaksi itu disebut "kesepian". KKs3 dibilang sebagai galaksi kesepian kedua di Local Group setelah KKR25 yang ditemukan pada tahun 1999.

Dimitry Makarov dari Special Astrophysical Observatory di Karachai-Cherkessia, Rusia, mengatakan, "Menemukan obyek seperti KKs3 adalah pekerjaan yang butuh ketelatenan."

Menurut dia, bahkan dengan instrumen canggih macam Hubble Space Observatory, menemukan KKs3 sangat sulit.

"Namun, dengan ketekunan, kita pelan-pelan dapat membangun peta perkampungan kita, yang terbukti lebih padat dari dugaan," ungkap Makarov.

Diberitakan Huffington Post, Senin (22/12/2014), galaksi-galaksi macam KKs3 diduga melimpah di sekitar Bimasakti.

Disebut spheroidal galaxy, galaksi itu bercahaya sangat redup karena jarak yang jauh dan ukurannya yang kerdil.

Penemuan KKs3 dipublikasikan di jurnal Monthly Notices of The Royal Astronomy pada Desember 2014 ini.