Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinagoge Tempat Yesus Berkhotbah Ditemukan di Israel

Kompas.com - 23/12/2014, 07:55 WIB

KOMPAS.com — Penggalian sebelum pendirian bangunan gereja antar-iman, pusat perempuan, dan restoran di Israel oleh organisasi Katolik Legion of Christ mengungkap temuan yang mencengangkan.

Lewat proses penggalian di kota tua bernama Magdala, tempat kelahiran Maria Magdalena pengikut Yesus, para penggali menemukan reruntuhan sebuah sinagoge (tempat ibadah umat Yahudi) yang dipercaya merupakan yang tertua, satu dari hanya tujuh di Israel.

Eamon Kelly, pastor dan kepala lembaga bernama Magdala Center, seperti dikutip IBTimes, Senin (22/12/2014), mengklaim, "Inilah sinagoge pertama yang diekskavasi tempat Yesus mulai berjalan dan berkhotbah."

Sinagoge tersebut dipercaya dibangun pada abad pertama Masehi sebagai sebuah struktur yang sangat sederhana. Kemudian, tempat ibadah itu mulai dikembangkan lagi pada tahun 40 Masehi.

Magdala adalah kota yang masuk dalam jalur perdagangan sepanjang pantai Mesir hingga Suriah. Sinagoge di kota itu bakal menjadi tempat penting bagi para pemuka agama untuk menyebarkan ajarannya.

Yesus dipercaya mengenal Magdala. Bukti literaturnya, Injil Matius Bab ke-15 ayat 39, mendeskripsikan Yesus naik kapal dan pergi ke Magdala, kota yang dalam bahasa Yunani sering disebut Magadan.

Menurut Kelly, sinagoge di Magdala pada masa lalu tidak hanya digunakan untuk berdoa, tetapi juga tempat pertemuan. "Jadi, bila rabi asing datang ke kota, rabi baru, penceramah baru, guru baru, tempat pertemuannya adalah di sini," katanya.

Sinagoge itu dipercaya hancur saat perang antara Roma dan Yahudi antara 67 hingga 68 Masehi. Kelly mengatakan, temuan itu penting bagi umat Yahudi dan Kristiani. "Di sini, kita punya tempat yang bisa membantu menyadari kesamaan kita," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com