Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/12/2014, 12:40 WIB


KOMPAS.com — Temuan segel dari tanah liat di Israel ini mengungkap keberadaan Raja Daud dan Salomo.

Kisah Raja Daud dan Salomo dalam Kitab Suci menjadi legenda. Ada yang berpikir bahwa kisah tersebut hanya isapan jempol belaka. Namun, catatan arkeologi menyebutkan bahwa kedua tokoh itu mungkin benar-benar ada.

Dalam penggaliannya tim arkeologi dari Mississipi State University menemukan segel dari tanah liat wilayah di Israel.

Dilaporkan oleh Science Daily bahwa pada temuan segel dari tanah liat itu mendukung adanya bukti adanya pemerintahan di wilayah tersebut sekitar 10 abad SM. Pada waktu itu disebutkan bahwa sistem kerajaan belumlah ada.

Temuan ini juga membuktikan adanya hubungan antara segel dan Raja Daud. Pemerintahan diduga pernah beroperasi pada Zaman Besi di wilayah yang kini adalah Gaza.

"Hasil awal kami menunjukkan bahwa situs ini terintegrasi pada sebuah politik kaum elite pada zamannya. Ini menunjukkan adanya negara sejak 10 abad SM," ujar Hardin, salah satu anggota penelitian, yang dilansir dari Science Daily.

Ia menyatakan keyakinannya bahwa temuan ini berhubungan dengan Zaman Besi, sekitar 10 abad SM, dan adanya hubungan tentang kebenaran sejarah Raja Daud dan Salomo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com