Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

90.000 Pesan Akan Dikirim ke Mars

Kompas.com - 27/11/2014, 17:48 WIB

KOMPAS.com — Memperingati 58 tahun misi ke Mars, perusahaan pemberi dana proyek luar angkasa, Uwingu, akan mengirim 90.000 pesan ke planet merah. Pesan akan dikirimkan pada Sabtu (29/11/2014).

Pesan yang dikirim bisa sekadar nama, pesan-pesan khusus, ataupun foto. Materi pesan berasal dari hasil "Beam Me to Mars", program yang mengajak publik untuk berkontribusi pada penelitian luar angkasa dengan mengirim pesan ke Mars secara berbayar.

Pesan telah dikumpulkan mulai 19 Agustus - 5 November 2014. Biaya pengiriman pesan beragam, mulai dari 4,95 dollar AS untuk sekadar nama hingga 99 dollar AS untuk pesan pendek dan gambar.

Sejumlah figur publik ikut serta dalam program itu, di antaranya mantan komandan misi Stasiun Luar Angkasa Internasional, Chris Hadfiled, serta aktor Seth Green dan George Takei.

Uwingu dan rekan, Universal Space Network, akan mengirimkan pesan ke Mars pada Sabtu dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. Pesan akan dikirim dengan kecepatan 1 juta bit per detik dan diperkirakan akan sampai di Mars dalam waktu 15 menit.

Selain ke Mars, materi pesan yang sama juga akan dikirimkan ke markas Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) di Washington serta ke kantor pusat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York.

"Kami ingin membuat para pemimpin terkesan," kata Alan Stern, CEO Uwingu, seperti dikutip Space.com, Rabu (26/11/2014). Tujuan proyek Beam to Mars adalah membuat pemimpin dan publik menyadari pentingnya eksplorasi alam semesta.

Misi ke Mars dimulai dari peluncuran misi wahana Mariner 4 pada 28 November 2014. Wahana itu mencapai Mars tujuh bulan setelah peluncurannya dan menghasilkan potret Mars pertama dari jarak dekat. Jumat besok, tepat 58 tahun manusia mengeksplorasi Mars.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com