Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Pelabuhan Masih Akan Fokus di Indonesia Barat

Kompas.com - 12/11/2014, 15:01 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com - Pembangunan pelabuhan di Indonesia dalam jangka waktu 5 tahun ke depan masih akan fokus di Indonesia bagian barat.

Hal ini terlihat dari paparan Menteri Kootrdinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo, di sela dialog bertajuk "Inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pelayanan Publik secara Elektronik" di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Rabu (12/11/2014).

Pelabuhan yang akan dibangun sejumlah 24. Pembangunan dapat berupa pembuatan pelabuhan yang benar-benar baru ataupun pengembangan yang sudah ada.

Dari 24 pelabuhan yang akan dibangun, lebih dari 75 persen ada di wilayah Indonesia barat. Diantaranya di Medan, Batam, Jambi, Kepulauan Riau, Lampung, Jakarta, Surabaya, dan Semarang. Pelabuhan di wilayah Indonesia tengah dan timur yang dikembangkan diantaranya Sorong, Ambon, Makassar, Manado, Banjarmasin, dan Samarinda.

Menanggapi pertanyaan masih fokusnya pengembangan pelabuhan di Indonesia barat, Indroyono mengatakan bahwa pihaknya sudah berupaya menambah dan mengembangkan.

"Kita sudah tambah kok beberapa," kata Indroyono. Menurutnya, pelabuhan di Indonesia barat pun belum merata dan memadai. "Misalnya di Jambi kenapa enggak ada, Kepulauan Riau kenapa enggak ada. Kita tambah. Oke lah kalau untuk pelabuhan kita jalan dulu saja dengan apa yang ada," jelasnya.

Meskipun dari sisi jumlah pembangunan pelabuhan masih akan fokus di Indonesia barat, Indroyono mengungkapkan bahwa wilayah Indonesia timur akan tetap terjangkau tol laut.

Rencananya, tol laut akan menghubungkan wilayah Medan, Jakarta, Surabaya, Makassar, hingga Sorong. Pelabuhan-pelabuhan lain di sekitar wilayah tersebut akan menjadi feeder. Sementara itu, untuk mendukung angkutan logistik lewat tol laut, di daratan akan dibangun jalur kereta api dengan total panjang 16.500 km, termasuk di Kalimantan dan Sulawesi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com