Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur Eurofighter Typhoon Bakal Hadir di Indo Defense 2014

Kompas.com - 02/11/2014, 19:26 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com - Jet tempur Eurofighter Typhoon bakal hadir di pameran industri pertahanan Indo Defense 2014 di Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Kita akan taruh simulatornya. Ini yang pertama kalinya kita pamerkan di Indonesia," kata Paul Smith, Capability Development Manager Eurofighter dalam acara obrolan bertema "Indonesia Lepas Landas" di Car Free Day, Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (2/11/2014).

Dengan adanya simulator, publik bisa mencoba merasakan sensasi mengontrol jet tempur yang dikembangkan oleh Eurofighter Jagdflugzeug GmbH itu.

Indo Defense bakal berlangsung dari 5 - 8 November 2014. Ajang ini merupakan pameran industri pertahanan terbesar di Indonesia. Pameran akan mempertontonkan kelengkapan pertahanan mulai dari senjata, kendaraan tempur hingga alat komunikasi pendukung.

Eurofighter Typhoon adalah salah satu jet tempur paling canggih saat ini. Kelebihannya adalah pada berat yang ringan dan mesin yang mampu mendukung pesawat bergerak cepat.

Eurofighter Typhoon punya dua dapur pacu Eurojet EJ200 yang masing-masing berkekuatan 13.490 pon dan thrust-weight ratio 1,15. "Ini sangat cocok untuk wilayah Indonesia yang luas serta berupa kepulauan," kata Smith.

Saat ini, Eurofighter tengah menjajaki kerjasama dengan PT Dirgantara Indonesia untuk pengembangan pesawat tempur.

Smith mengatakan, kerjasama bisa berupa pengembangan pesawat Eurofighter Typhoon di Indonesia sehingga pihak dalam negeri bisa memahami teknologi pengembangannya. Indonesia sendiri memang berminat mengakusisi jet tempur baru dan Eurofighter Typhoon menjadi salah satu kandidatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com