Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Litfing Wheel Chair, Kursi Roda Inovatif untuk Orang Berkebutuhan Khusus

Kompas.com - 30/10/2014, 21:47 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com - Pengalaman Mu'amar Musa memiliki kakek yang harus duduk di kursi roda membuatnya terpicu untuk berinovasi. Bersama rekannya, Ega Adrianto, dia menciptakan kursi roda inovatif yang dinamai "lifting wheel chair".

"Bedanya dengan kursi roda biasa, kursi roda ini bisa dinaik-turunkan," ungkap Musa saat ditemui dalam pameran International Exhibition for Young Inventors (IEYI) yang diadakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kamis (30/10/2014).

Musa bercerita, ketika kakeknya masih hidup dan memakai kursi roda, kerabatnya harus bersusah payah mengangkat si kakek saat akan naik ke ranjang ataupun masuk ke mobil. Selain repot, hal itu juga membuat sang kakek tak nyaman.

"Karena bisa dinaik turunkan, kita tidak perlu mengangkat pengguna kursi roda. kalau mau naik ke ranjang atau mobil, kursi roda dinaikkan atau diturunkan sesuai ketinggian," urainya.

Dalam IEYI ke 10 yang diadakan 30 Oktober - 1 November 2014, Musa memamerkan prototipe dari lifting wheel chair inovasinya. Prototipe dibuat dari kayu lapis dan mampu menampung beban seberat 10 kg.

Musa menerangkan, lifting wheel chair bisa dinaik turunkan karena bantuan sistem ulir yang terdapat di bagian bawah dudukan. "Ini seperti pulpen. Kalau diputar searah jarum jam maka akan naik, dan sebaliknya," jelas Musa.

Musa menuturkan, dia masih akan terus mengembangkan kursi roda inovasinya. Ia berencana membuat lifting wheel chair yang bisa menampung beban hingga 60 kg. Kursi nanti dirancang naik dan turun dengan kecepatan 72 rpm dengan waktu 21,67 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com