Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Suara Petir di Jupiter? Dengarkan di Pustaka Suara Misterius NASA

Kompas.com - 23/10/2014, 18:43 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Seperti apa suara petir di Jupiter atau plasma di zona antar-bintang di pinggiran Tata Surya?

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) membuat sebuah pustaka suara di Sound Cloud yang memungkinkan siapa pun mendengarkan suara-suara di alam semesta yang tak pernah didengar sebelumnya.

Terungkap, suara petir di Jupiter yang merupakan hasil rekaman wahana Voyager 1 ternyata mirip dengan suara pesawat. Sementara plasma di zona antar-bintang mirip embusan angin.

Pustaka suara yang dibuat oleh NASA bisa diakses dengan mengeklik tautan ini. Selain suara alam semesta, terdapat juga suara pesawat antariksa yang sedang diluncurkan maupun saat terbang mengarungi angkasa.

Pustaka suara ini mengagumkan. Sebabnya, suara-suara itu bahkan tak bisa didengar bila manusia berada di luar angkasa.

NASA juga mengunggah suara John F Kennedy saat mengumumkan misi ke Bulan. Selain itu, juga suara-suara legendaris terkait misi Apollo, seperti kata-kata Neil Armstrong, "One small step for (a) man, one giant leap for mankind."

Uniknya, semua suara tersebut bisa digunakan sebagai nada dering ponsel. Anda atau siapa pun yang memanggil Anda lewat telepon seluler bisa mendengarkannya setiap saat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com