Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Benar Yesus Tak Punya Jenggot?

Kompas.com - 06/10/2014, 17:40 WIB

KOMPAS.com - Arkeolog Spanyol menemukan citra tertua Yesus. Dalam citra itu, rupa Yesus berbeda dari yang dikenal selama ini. Dia tidak berjenggot.

Citra Yesus itu terpahat pada plat kaca yang berasal dari abad 4 Masehi. Dia diapit oleh dua rasul yang dipercaya adalah Petrus dan Paulus.

Selain tak berjenggot, Yesus dalam citra itu juga berbeda dengan yang dikenal selama ini karena punya rambut pendek dan keriting. Dia mengenakan toga filsuf.

Plat kaca ditemukan lewat proyek ekskavasi FORVM MMX di sebuah bangunan religius di Castulo, Andalusia, Spanyol.

Marcelo Castro, pimpinan proyek FORVM MMX mengatakan, bangunan yang diteliti didirikan pada paruh kedua abad ke 4 dan ditinggalkan satu abad kemudian.

Dikutip Daily Mail, Sabtu (4/10/2014), Castro mengungkapkan, temuan ini akan membantu mengungkap penyebaran dan praktik Kristiani awal di Spanyol.

Plat kaca yang ditemukan dipercaya berfungsi untuk membantu menyebarkan roti dalam perayaan Ekaristi.

Plat itu ditemukan dalam kondisi terpecah-belah, namun masih terawetkan dengan baik. 81 persen pecahannya kini berhasil disusun lagi.

"Panorama pada gambar di plat menggambarkan bola dunia yang diapit oleh dua pohon palm, dalam Kristiani mencerminkan keabadian, hidup setelah mati di surga," kata Castro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com