Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Riset Gunung Padang: Kami Belum Gunakan Dana Negara!

Kompas.com - 02/10/2014, 15:19 WIB

KOMPAS.com - Tim riset Gunung Padang menyatakan bahwa ekskavasi yang dilakukan sejak 14 September 2014 lalu belum memakan dana negara sedikit pun.

"Sejauh ini, seluruh pembiayaan penelitian belum menggunakan dana negara sedikit pun," kata sekretaris tim riset, Erick Ridzky kepada Kompas.com, Sabtu (28/9/2014).

"Dana yg digunakan saat ini masih ditanggung oleh pribadi para peneliti yang memang selama ini tergabung dalam TTRM (Tim Terpadu Riset Mandiri Gunung Padang)," tegasnya.

Erick menyatakan hal tersebut terkait informasi adanya dana abadi Rp 3 miliar yang sudah cair guna mendukung riset Gunung Padang.

Dana itu hingga saat ini masih diproses di Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. "Diharapkan pertengahan Oktober sudah bisa cair," kata Erick.

Dikonfirmasi Kamis (2/10/2014), Kacung Marijan, Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, membenarkan pernyataan Erick.

"Dana 3 M itu dari LPDP. Belum turun. Jadi, sementara dana penelitian awal ini ditalangi oleh mereka (tim riset," katanya.

Sementara itu, mobilisasi pendukung penelitian dari TNI, dananya berasal dari Angkatan Darat.

Kacung mengungkapkan, "Dana 3 M akan digunakan untuk tahap penelitian lanjutannya."

Tahap awal riset Gunung padang telah usai. Sejumlah artefak seperti struktur ruang bawah tanah hingga koin ditemukan.

Erick mengatakan, Jumat (3/10/2014), tim riset akan menggelar rapat yang dipimpin langsung oleh Mendikbud, Muhammad Nuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com