Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momentum Kelapa Sawit Lestari Ada di KTT Perubahan Iklim

Kompas.com - 24/09/2014, 17:48 WIB
KOMPAS.com - Momentum kelapa sawit lestari Indonesia ada di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim di Markas Besar PBB di New York. Pada KTT yang digelar sejak Selasa (23/9/2014) itu, terdapat acara penandatanganan Piagam Komitmen Industri Kelapa Sawit Indonesia (Indonesia Palm Oil Pledge). Piagam itu merupakan bentuk komitmen dan tanggung-jawab produsen minyak kelapa sawit untuk, salah satunya, mempraktikkan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan.

Salah satu pihak yang menandatangani piagam itu, Asian Agri dalam rilisnya hari ini menginformasikan ada tiga produsen kelapa sawit dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) yang bakal meneken piagam itu. Menurut rencana Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Luar Negeri AS John Kerry akan menyaksikan penandatanganan tersebut. Keduanya memang hadir dalam KTT tersebut.

Sementara itu, menurut pernyataan Chairman Asian Agri Joseph Oetomo, kelapa sawit lestari mencakup pula peningkatan produktivitas para petani plasma binaan. Keterlibatan masyarakat sekitar dalam proses produksi minyak kelapa sawit juga merupakan hal penting.

Hingga kini, Asian Agri telah bermitra dengan 29.000 petani selama lebih dari 25 tahun. Selain itu, Asia Agri sudah mendapat sertifikat RSPO untuk petani plasma binaan di Indonesia.

Catatan BBC, Rabu (24/9/2014), menunjukkan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dalam pidato pembukaan KTT tersebut mengatakan perubahan iklim merupakan masalah yang menentukan pada masa ini. Sekitar 100 pemimpin dunia menghadiri forum ini. KTT diharapkan memberi landasan bagi sebuah traktat baru untuk mengatasi perubahan iklim pada Desember 2015 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com