Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Ini Meraih Gelar Sarjana pada Umur 85 Tahun

Kompas.com - 23/09/2014, 22:37 WIB

KOMPAS.com  Wanita asal Perth, Georgina Kiely, selalu ingin mengenyam pendidikan di tingkat universitas. Siapa sangka bahwa akhirnya ia bisa juga lulus menjadi sarjana pada usia 85 tahun. Uniknya, ia mengerjakan tugas-tugas kuliah dengan tulisan tangan.

Seusai menjajaki kariernya sebagai perawat yang cukup lama, Kiely memilih untuk pensiun. Namun, ia masih ingin melakukan sesuatu bagi hidupnya.

"Suami saya masuk panti jompo," ujar Kiely. "Saat saya pensiun dari perawat, saya menikmati kebersamaan dengannya. Tetapi kemudian, setelah suami masuk panti jompo, saya tidak tahu melakukan apa-apa."

Kemudian ia sempat bertanya kepada anak perempuannya, apakah ia sudah tua untuk mencoba kuliah. "Dan jawabannya adalah tidak," ujarnya.

Pada tahun 2008, Kiely memutuskan untuk mendaftar kuliah. Tadinya ia ingin mengambil jurusan hukum, tetapi ternyata butuh terlalu banyak membaca dan istilah-istilah yang harus dipelajari.

Akhirnya ia pun memilih jurusan sejarah.

Dengan keterbatasan dalam kemampuan menggunakan komputer, Kiely meminta keringanan untuk menuliskan semua tugasnya dengan tulisan tangan yang dibantu tutor di kelasnya.

Selama kuliah, ia pun tidak pernah ketinggalan untuk hadir di kelas.

Meski perbedaan usia mencapai 60 tahun dengan teman-teman seangkatannya, ia mengaku mudah beradaptasi dengan kehidupan di kampus.

"Mahasiswa cukup beragam, ada juga yang usianya sekitar 40-50 tahun," ujarnya. "Yang muda-muda juga sangat baik kepada saya."

Kiely akhirnya mendapatkan gelar dalam ilmu sejarah pada Rabu (17/9/2014) pekan lalu, tetapi ia mengaku bahwa ini bukan akhir dari studinya.

"Saya telah belajar banyak, dan saya ingin tetap belajar setelah ada satu mata kuliah yang saya sangat suka, yakni 'Masyarakat, Kultur, dan Ekologi di Asia'," katanya.

Kiely mengutarakan keinginannya untuk belajar lebih banyak soal Asia. "Saya ingin melanjutkannya, tetapi saya ingin melakukannya demi kepuasan pribadi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com