Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting untuk Orang Tua dan Guru, Video Memahami Masalah "4 x 6 atau 6 x 4"

Kompas.com - 23/09/2014, 22:06 WIB

KOMPAS.com — Masih penasaran dengan soal 4 x 6 atau 6 x 4? Untuk para orang tua, kakak, dan tak ketinggalan guru Matematika, ada video YouTube yang layak dilihat agar paham tentang masalah Matematika yang kini tengah jadi perdebatan seru itu.

Pemahaman tentang perkalian yang diberikan dalam video tersebut sedikit berbeda dengan yang ada dalam buku teks Matematika kelas II SD. Hal itu terlihat, misalnya, dalam buku sekolah elektronik karangan Mas Titin Sumarmi dan Siti Kamsiyati yang bisa diunduh lewat situs Kemendikbud.

Contoh persoalan yang dikemukakan dalam buku tersebut ialah, ada tiga sangkar yang masing-masing berisi dua burung. Untuk mengetahui jumlah total burung, dalam Matematika dapat dinyatakan 2 + 2 + 2 atau 3 kali penjumlahan 2, alias 3 x 2.

Itu satu-satunya pemahaman yang disampaikan dalam buku itu. Sesudahnya, anak dihadapkan pada soal.

Video YouTube yang diunggah oleh Khan Academy, sebuah lembaga nirlaba yang berupaya mengembangkan pemahaman Matematika dan Sains, menjelaskan secara berbeda. Khan Academy dikelola oleh sejumlah pakar Matematika dan Fisika.

Dalam video YouTube itu diterangkan secara lengkap tentang cara memahami sebuah operasi perkalian.

Diberikan contoh, perkalian 2 x 3. Perkalian itu bisa dilihat sebagai 3 kali penjumlahan 2, atau 2 + 2 + 2. Namun, perkalian juga bisa dianggap sebagai 2 kali penjumlahan 3, atau 3 + 3. Keduanya sama saja.

Video itu juga memberi pemahaman lewat contoh lain. Ada 12 lemon yang terbagi dalam 4 baris dan 3 kolom yang harus dijumlahkan.

Untuk menghitung lewat operasi perkalian, siapa pun bisa memilih menurut hasil penalarannya. Setiap orang bisa menghitung dengan menalar bahwa ada 3 jeruk pada setiap baris dan ada 4 kolom. Maka, dalam bahasa Matematika bisa dinyatakan 3 + 3 + 3 + 3, yaitu 4 kali penjumlahan 3, alias 4 x 3.

Namun, orang juga bisa menalar bahwa ada 4 jeruk dalam 1 kolom dan ada 3 baris. Dengan bahasa Matematika, dinyatakan 4 + 4 + 4 alias 3 kali penjumlahan 4, atau 3 x 4. Simak video lebih lengkapnya berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com