Kelabui Musuh, Laba-laba Ini Menutup Tubuh dengan Debu

Kompas.com - 19/09/2014, 21:53 WIB
Risky Wulandari

Penulis

KOMPAS.com — Laba-laba Paratropis tuxtlesis mempunyai cara yang cerdik untuk melindungi diri sekaligus untuk mencari mangsa.

Laba-laba itu mempunyai kamuflase yang sungguh sesuai. Spesies yang ditemukan di Amerika Latin itu menutupi tubuhnya dengan debu di lingkungannya sedemikian sehingga tampak menyatu.

Kamuflase tersebut memungkinkan laba-laba jenis tersebut bersembunyi dan pada saat yang sama mencari mangsa.

Peneliti mengatakan, laba-laba itu termasuk dalam anggota dari keluarga Paratropididae. Saat ini, ada sembilan spesies di Amerika Selatan dan Amerika Tengah yang tergolong anggota keluarga itu.

Peneliti dari National Autonomous University of Mezico (UNAM) yang menemukan laba-laba itu mengatakan, kemampuan kamuflase laba-laba itu sensasional.

Paratropis tuxtlesis ditemukan lewat riset yang dipimpin oleh Oscar Federico Francke. Spesies ini ditemukan di wilayah hutan lindung Los Tuxtlas, Veracruz, wilayah bagian timur Meksiko.

Ilmuwan mengatakan, karakteristik laba-laba ini sangat mendukung kamuflasenya. Kulit kasar dan bersisiknya mampu menarik partikel debu, memberikan kamuflase yang sempurna.

Sementara itu, untuk perlindungan mata, laba-laba ini juga punya adaptasi unik. Mata laba-laba ini punya mata yang lebih menonjol sehingga tetap bisa melihat walaupun tertutup debu.

Jenis laba-laba ini pertama kali ditemui pada tahun 2010. Itu adalah laba-laba yang masih belum dewasa. Dalam setahun, laba-laba ini sudah tumbuh sepanjang sekitar 10 cm.

Francke mengatakan, keberadaan laba-laba ini kadang sulit disadari. Orang bisa saja mengangkat batu, melihatnya dengan cermat, dan tetap tak menyadari adanya laba-laba itu. Pergerakan laba-laba itu juga sering tak terlihat.