Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan Emas Selamat Setelah Operasi Tumor Otak Sukses

Kompas.com - 18/09/2014, 19:45 WIB


KOMPAS.com — Seekor ikan emas di Australia pulih setelah tumor yang mengancam kehidupannya diangkat dari otaknya lewat sebuah operasi "berisiko tinggi".

George, demikian nama ikan tersebut, dibius total dalam operasi senilai 200 dollar AS atau Rp 2,3 juta.

Dokter hewan harus melakukan operasi dengan tingkat ketepatan tinggi guna mengurangi kehilangan darah pada ikan seberat 80 gram.

Dr Tristan Rich, yang melakukan operasi, mengatakan kepada stasiun Radio 3AW Melbourne bahwa ikan tersebut sekarang sudah bisa mondar-mandir berenang.

Dokter hewan mengatakan, ikan berumur 10 tahun itu sekarang diperkirakan akan hidup 20 tahun lagi.

"George memiliki tumor besar di bagian atas kepala yang tumbuh perlahan dan mulai memengaruhi kualitas hidupnya," kata dr Rich dari Rumah Sakit Hewan Lort Smith.

Pemilik George sebelumnya diberikan pilihan antara operasi atau membunuh ikan tersebut. "Dia cukup kuat untuk mencoba operasi," kata dia.

Dia menambahkan, ikan tetap hidup dengan memompa air kolam beroksigen lewat insangnya. Dokter hewan juga mengatakan, operasi berjalan lancar dan George akan segera dapat pulang ke rumahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com