Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Mau Beri Rekomendasi, Peneliti Langsung Lapor ke Saya Saja

Kompas.com - 16/09/2014, 18:33 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Kuliah umum Jokowi di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Selasa (16/9/2014), menuai antusiasme tinggi. Sejumlah peneliti LIPI hadir dalam kesempatan tersebut dan memanfaatkannya untuk menyampaikan gagasan dan unek-unek.

Salah seorang peneliti LIPI dalam sesi tanya jawab menyampaikan, para peneliti sering mengalami kesulitan ketika akan memberikan rekomendasi kepada presiden. Padahal, itu adalah salah satu kewajiban peneliti.

Kesulitan dihadapi karena masalah birokrasi. Sering kali laporan rekomendasi kepada presiden tertahan lama di kementerian atau institusi lain sehingga terlambat sampai di tangan presiden.

Mendengar pernyataan peneliti tersebut, Jokowi berjanji akan mempercepat penyampaian rekomendasi peneliti kepada presiden. "Ya besok peneliti kalau beri rekomendasi langsung lapor ke saya saja," jawab Jokowi.

Jokowi mengatakan, sebagai lembaga yang berada langsung di bawah presiden, LIPI berhak memberikan laporan langsung kepada kepala negara. "Tidak perlu lewat Kementerian Ristek segala," katanya.

Jokowi mengakui, salah satu masalah Indonesia saat ini adalah birokrasi yang tidak efektif sehingga penyelesaian masalah memakan waktu lama. Ia mengatakan, penyederhanaan birokrasi adalah salah satu target dalam pemerintahannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com