23 Hari Lagi, Wahana India sampai di Mars

Kompas.com - 01/09/2014, 21:54 WIB
Risky Wulandari

Penulis

KOMPAS.com — Dalam 24 hari lagi, wahana antariksa India, Mars Orbiter Mission (MOM), akan sampai ke orbit planet merah. Demikian diberitakan situs berita astronomi Universe Today pada Minggu (31/8/2014).

Hingga saat ini, MOM dalam kondisi sehat walafiat. Jarak yang masih harus ditempuh untuk mencapai Mars adalah 9 juta kilometer. Jarak itu sangat jauh bagi manusia. Namun, dalam ukuran semesta, itu sangat dekat.

Sejauh ini, wahana berbiaya 69 juta dollar AS itu telah menempuh jarak 622 kilometer dari Bumi. Dalam seminggu terakhir saja, MOM sudah menempuh jarak 20 juta kilometer. Kini, wahana itu berada 199 juta kilometer dari Bumi.

MOM dijadwalkan sampai di orbit Mars pada 24 September 2014. Begitu sampai, wahana seberat 1.950 kilogram itu akan memulai misinya di Mars, mencium gas, dan mengamati atmosfer planet itu.

MOM diluncurkan pada 5 November 2013. Wahana itu membawa sejumlah perangkat seperti tri color imager (MCC) dan pencium gas metana. Keberhasilan MOM mencapai Mars nanti bakal menjadi tonggak sejarah penting bagi India. Untuk pertama kalinya, negara itu mencapai Mars.