Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa IPB Bikin Robot Pemantau Terumbu Karang

Kompas.com - 22/08/2014, 09:21 WIB
Risky Wulandari

Penulis


KOMPAS.com - Soal rakit-merakit robot, gagasan mahasiswa Indonesia patut diperhitungkan. Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan Institut Pertanian Bogor berhasil membuat sebuah robot bawah air (ROV), bernama RJBA 45.

ROV selama ini punya banyak fungsi, seperti untuk inspeksi kabel bawah laut hingga riset arkeologi kelautan. Nah, ROV buatan mahasiswa IPB berfungsi untuk pemantauan ekosistem laut, misalnya terumbu karang.

Selama ini, mahasiswa IPB telah mencoba menafaatkan RJBA 45 untuk pemantauan di perairan Pula Pramuka. “Selain mengamati terumbu karang, kami juga menggunakan untuk mengetahui pola pergerakan ikan,” kata Diandra Yulius Gita Pramudita yang terlibat pembuatan.

Inovasi mahasiswa IPB ini patut diacungi jempol. Pasalnya, mereka juga membuat sendiri beberapa komponennya. "Ini cara untuk membuktikan bahwa Indonesia tidak kalah dari negara lain secara ilmu juga kemampuan,” terang Hollanda Arief Kusuma, mahasiswa lain.

Ditemui Kompas.com dalam ajang Robotic Fair di At America, Jakarta, Rabu (20/8/2014), Hollanda mengungkapkan bahwa bagian yang dibuat sendiri antara lain lengan ROV, rangka ROV, serta bouyancy tank.

Pembuatan robot ini memakan waktu 3 bulan. Jumlah dana pembuatan sekitar 25 juta. RJBA 45 bisa beroperasi hingga kedalaman 10 meter selama lebih dari tiga jam. Daya robot berasal dari aki 48V.

Hollanda mengatakan, timnya masih akan terus mengembangkan robot buatannya, diantaranya dengan membuatnya menjadi semi otomatis. Tujuannya agar meminimalisasi pemantauan saat berada di bawah laut.

“Penelitian itu sudah kita rencanakan, dan akan menggunakan biaya pribadi, atau paling tidak bergabung dengan penelitian bersama dosen,” terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com