Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plankton Ditemukan Hidup di Luar Angkasa

Kompas.com - 20/08/2014, 19:03 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com
- Planton ditemukan di luar angkasa, tepatnya di permukaan Stasiun Luar Angkasa Internasional. Hebatnya, dalam kondisi luar angkasa yang minim oksigen, suhu rendah, dan paparan radiasi sinar kosmik, plankton itu masih hidup.

Keberadaan plankton di luar angkasa itu ditemukan oleh kosmonot Rusia, Olev Artemyev dan Alexander Skvortsov. Mereka menemukannya saat melakukan spacewalk dan meluncurkan satelit nano.

Mulanya, keduanya melakukan eksperimen dengan mengusap permukaan jendela atau iluminator ISS. Tak disangka, setelah diselidiki dengan alat yang cukup canggih dan presisi, ada plankton yang hidup di sana.

Vladimir Solovyev, pimpinan misi orbital Rusia, gembira dengan penemuan itu. Kepada Daily Mail, Selasa (19/8/2014), ia mengungkapkan, "temuan ini harus dipelajari lebih lanjut."

Sejauh ini, belum diketahui asal-usul plankton tersebut. Yang jelas, plankton itu bukan jenis yang bisa ditemukan di Baikonur, tempat peluncuran misi antariksa Rusia. Diduga, plankton terbawa udara, menempel pada permukaan pesawat ruang angkasa dan sampai di ISS.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat belum berkomentar tentang penemuan ini. Apabila konfirmasi ulang menyatakan bahwa plankton itu memang hidup di ISS, maka harapan untuk menemukan kehidupan di luar angkasa semakin besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com