Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Mana Keraton Kerajaan Demak Berada?

Kompas.com - 18/08/2014, 18:24 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com
- Melakukan peliputan jelang arus mudik sebelum lebaran lalu, Kompas.com singgah ke Demak, kota para wali. Kami mengunjungi beberapa situs peninggalan Kerajaan Demak.

Masjid Agung Demak dan makam Raden Patah adalah salah satunya. Lainnya adalah makam Sunan Kalijaga di Kadilangu. Kami melakukan pemotretan 360 derajat dan aerial dengan drone di dua tempat tersebut.

Ada satu pertanyaan yang muncul dalam obrolan di sela kegiatan peliputan. Pertanyaan itu adalah: di mana keraton Kerajaan Demak? Kota-kota Islam di Jawa selalu punya 4 komponen, yaitu keraton, alun-alun, masjid, dan pasar. Demak minus keraton.

Mengubungi dua arkeolog ternama Indonesia, akhirnya ada sedikit pencerahan. Letak keraton Kerajaan Demak memang menjadi kebingungan para arkeolog. "Belum ada yang mengetahui dan menemukannya," kata Siswanto dari Balai Arkeologi Yogyakarta.

Riset telah dilakukan pada tahun 1990-an. Namun, belum ada bukti arkeologis kuat yang bisa menjadi pedoman menentukan letak keraton. Hasil riset kala itu hanya membuahkan dasar untuk membuat dugaan.

Siswanto menerangkan, letak keraton, alun-alun, masjid, dan pasar biasanya berdekatan. "Jadi, seharusnya keraton Demak tidak jauh dari masjid," jelas Siswanto saat dihubungi Kompas.com, Senin (18/8/2014).

Arkeolog sempat melakukan penelitian toponim di kota Demak. Mereka menemukan satu kampung yang bernama Kedaton (berarti kerajaan). "Kemungkinan, keraton Demak ada di sana," ujar Siswanto.

Peneliti arkeologi Islam dari Universitas Indonesia, Isman Pratama, mengungkapkan, "masjid selalu berada di barat alun-alun. Jadi, kemungkinan keraton ada di selatan alun-alun."

Diduga keraton Demak hilang jejaknya karena dibumihanguskan. Aksi bumi hangus keraton itu terkait dengan perpolitikan pantura Jawa Tengah yang pada abad 15 dan 16 begitu dinamis.

Pelaku bumi hangus keraton Demak bisa jadi adalah lawan politik dari raja kerajaan itu. Bukan tak mungkin pula, bumi hangus itu adalah buah dari taktik Belanda mengadudomba orang-orang kerajaan.

Melakukan ekskavasi untuk menguak keberadaan keraton Demak penuh tantangan. Wilayah sekitar masjid, alun-alun, dan pasar telah berkembang menjadi perkampungan. "Tidak mungkin kita membongkar lantai rumah orang," ungkap Siswanto.

Mungkin, warga Indonesia saat ini harus puas menikmati dua jejak ternama kerajaan Demak, makam Sunan Kalijaga dan Masjid Agung Demak beserta museumnya. Tunggu hingga arkeolog menemukan petunjuk keraton kerajaan Islam tertua di tanah Jawa itu.

Bila suatu saat ditemukan, warga Indonesia juga harus siap bila keraton Demak tidak semegah Yogyakarta dan Solo. "Karena memang kerajaan Demak umurnya pendek, hanya punya beberapa raja," kata Isman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com