Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikuasai Kendali Satelit Pembawa 'Tokek Seks'

Kompas.com - 29/07/2014, 01:05 WIB

KOMPAS.com - Kekhawatiran atas nasib satelit Rusia yang membawa tokek sebagai bagian dalam eksperimen perilaku seks musnah setelah para teknisi kembali menguasai kendali satelit.

Sejak teknisi kembali memegang kendali, sudah terjadi komunikasi sampai 17 kali, seperti diungkapkan dalam situs perkembangan satelit tersebut.

Mesin satelit Foton-M4 sempat berhenti memberi tanggapan ke para teknisi sejak Kamis (24/7/2014) sehingga sempat menimbulkan kekhawatiran akan kelanjutan eksperimen tersebut.

Lima ekor tokek berada di dalam satelit itu untuk sebuah penelitian tentang situasi tanpa bobot atas perilaku seks dan perkembangan mereka.

Satelit seberat enam ton itu diluncurkan pada 19 Juli 2014 dan direncanakan akan melakukan penelitian selama dua bulan lebih.

Selain tokek, satelit juga membawa bibit tanaman yang perkembangannya dimonitor.

Pekan lalu, kantor berita pemerintah Rusia, ITAR-TASS, melaporkan para teknisi berupaya untuk memulihkan hubungan dengan Foton-M4.

"Peralatan bekerja secara otomatis, khususnya eksperimen yang melibatkan tokek bekerja sesuai dengan yang sudah diprogram," jelas Oleg Voloshin dari Institut Masalah Medik dan Biologi, IMBP, kepada kantor berita AFP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com