Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekstrem, 232 Gigi Bersarang di Gusi Remaja India Ini

Kompas.com - 24/07/2014, 19:40 WIB
Risky Wulandari

Penulis


KOMPAS.com - Ashik Gavai, remaja laki-laki asal India, memiliki jumlah gigi yang luar biasa banyak, 260 buah. Hal itu diketahui setelah dirinya menjalani operasi.

Awalnya, Gavai mengalami bengkak dan rasa sakit di rahang kanan bawahnya. Ia pergi ke dokter di desanya namun sang dokter tak mengetahui penyebabnya.

Akhirnya, Gavai dirujuk ke J.J Hospital di Mumbai. Sunanda Dhiware, dokter rumah sakit itu, melakukan serangkaian tes namun tetap sulit mengetahui penyebabnya.

Setelah 18 bulan, akhirnya Gavai menjalani operasi gigi. Lewat operasi, Dhiware mengetahui bahwa ada 232 gigi kecil, tak termasuk gigi normal, yang bersarang di gusi Gavai.

Dokter mendoagnosis Gavai dengan odontoma komposit kompleks, yakni ketika satu gusi memiliki banyak gigi. Kondisi ini langka, termasuk tumor jinak.

Dalam operasi selama 7 jam, Dhiware dan asistennya berupaya mengangkat 232 gigi yang tersembunyi di gusi.

Gigi itu tak bisa diangkat dengan cara biasa. Dhiware harus menggunakan palu dan pahat untuk membuka gusi dan mencabutnya. Cara ini sebenarnya telah ketinggalan zaman.

Selain gigi itu, dokter juga menghilangkan gigi geraham yang juga terdampak oleh kondisi tersebut.

Diberitakan situs IFLScience, Kamis (24/7/2014), sejauh ini jumlah gigi terbanyak yang diekstraksi dari kondisi tersebut adalah 37.

Meskipun belum bisa memastikan bahwa jumlah gigi Gavai adalah rekor dunia, Dhiware mengatakan bahw kondisi itu tidak dijumpai dalam 30 tahun terakhir.

Selepas operasi, gigi Gavai yang tersisa sebanyak 28, jumlah normal gigi bagi orang dewasa. Dengan jumlah gigi yang terekstrak 232, jumlah gigi Gavai semula 260.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com