Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangga Terbesar Ditemukan, Sayapnya Sanggup Menutup Wajah Manusia

Kompas.com - 23/07/2014, 19:18 WIB
Risky Wulandari

Penulis


KOMPAS.com — Melihat semut berkerumun saja kadang sudah membuat kita menjauh, bagaimana bila melihat serangga terbesar di dunia?

Peneliti baru saja menemukan serangga terbesar di dunia, termasuk golongan Dobsonfly. Bila sayap hewan itu direntangkan, ukurannya mencapai 21 cm dan sanggup menutup wajah manusia.

Serangga terbesar yang ditemukan punya capit menyeramkan. Serangga ini ditemukan di Provinsi Sichuan, Tiongkok.

Dengan ukurannya, Dobsonfly dari Tiongkok ini mengalahkan serangga terbesar sebelumnya, Damselfly, yang berasal dari Amerika Selatan, berukuran 19,1 cm.

Serangga air raksasa ini punya fungsi penting di lingkungan perairan. Keberadaannya merupakan indikator kualitas air.

Diberitakan Nature World News, Selasa (22/7/2014), Dobsonfly raksasa sensitif pada polutan, suhu, dan keasaman. Bila perairan tercemar, serangga ini akan pindah ke tempat lain.

Sejauh ini, tak banyak informasi tentang golongan Megaloptera itu. Namun, ilmuwan mengetahui bahwa serangga serupa juga hidup di Assam, India, dan Vietnam bagian utara.

Hewan ini bukan satu-satunya serangga raksasa. Ada ngengat raksasa yang sayapnya mencapai satu kaki manusia. Ada pula reksa weta, serangga yang beratnya 71 gram dan sanggup memakan wortel.

Serangga raksasa yang baru ditemukan ini juga tak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan serangga pada 250 juta tahun lalu. Kala itu, capung saja bisa mencapai ukuran 76 cm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com