Seperti Apa Bau Bulan Saturnus? Ilmuwan Mengungkapnya

Kompas.com - 16/06/2014, 22:44 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Menggunakan data yang telah dikumpulkan oleh wahana antariksa Cassini, ilmuwan berhasil mengungkap bau Titan, bulan Saturnus.

Tim yang dipimpin oleh Joshua Sebree, asisten profesor di University of Iowa, mengatakan bahwa Saturnus berbau "manis, aromatik, dan seperti bahan bakar".

Untuk mengungkap bau Planet Saturnus, Sebree dan timnya mencampur beberapa macam gas utama yang terdapat di Titan, yakni nitrogen, metana, dan benzena.

Mereka juga menambahkan gas-gas minor lain dan mencoba terus-menerus sehingga komposisinya mirip seperti data yang diambil Cassini.

Setelah mencoba-coba, ilmuwan akhirnya menemukan formula yang mirip dengan data Cassini. Mereka mengungkap bahwa Saturnus punya bau manis dan aromatik.

"Ini yang terdekat yang pernah dicapai, setahu kami, untuk membuat eksperimen laboratorium dengan data Cassini," kata Sebree seperti dikutip Science Alert, Senin (16/6/2014).

Melissa Trainer dari Goddard Center di NASA mengatakan, bau aromatik disebabkan oleh adanya molekul hidrokarbon, yakni benzena.

Ilmuwan akan terus mengungkap bau planet-planet lain sehingga pada kemudian hari bisa menyusun profil bau planet-planet selain Bumi.