Memberikan wawasan, menumbuhkan harapan, tanpa gangguan iklan.
Berani coba? Dapatkan Gratis

Kondom Masa Depan Dikembangkan, Bakal seperti Kulit Manusia

Kompas.com - 09/06/2014, 21:47 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Ilmuwan Universitas Wollongong di Australia sedang berupaya mengembangkan kondom masa depan. Lain dengan kondom masa kini yang terbuat dari lateks, kondom masa depan terbuat dari hydrogel.

Kondom yang terbuat dari lateks nantinya akan memiliki beberapa kelebihan. Pertama, kondom ini bakal terasa seperti kulit. Kondom hydrogel juga bakal punya kemampuan melicinkan, mencegah pemakaian pelicin yang tak tepat dan alergi. Ketiga, kondom ini bisa terurai.

Dengan memiliki karakteristik seperti kulit, kondom masa depan yang akan dikembangkan akan lebih nyaman dan tak banyak mengurangi sensitivitas. Sementara itu, karena mudah terurai, masalah sampah kondom bakal bisa teratasi.

Robert Gorkin yang memimpin pengembangan kondom ini mengatakan, hydrogel merupakan material yang cocok untuk pengembangan kondom. Material biologis itu bisa mampu meregang 1.000 kali lebih besar dari ukuran aslinya, tetapi punya kekakuan 10-100 kali lebih kecil dari lateks.

Saat ini, Gorkin dan timnya tengah menyeleksi jenis hydrogel yang digunakan dan memilih berdasarkan kekuatan kemampuan mempertahankan sensitivitas serta beberapa karakteristik teknis lain.

Gorkin seperti dalam keterangan di situs web Universitas Wollongong mengatakan, kondom ini diharapkan dapat membuat orang mau menggunakannya. Tim Gorkin akan berdialog dengan orang-orang Asia Tenggara dan Afrika sebelum mengembangkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau