Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Ada "Perang" Gravitasi antara Bumi dan Bulan

Kompas.com - 02/06/2014, 16:56 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Manusia telah lama tahu bahwa gravitasi Bulan menimbulkan gelombang pasang di Bumi. Namun, bagaimana dengan gravitasi Bumi pada Bulan? Apa dampaknya?

Ilmuwan dari Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) lewat riset yang dirilis mengonfirmasi bahwa gravitasi Bumi juga mengakibatkan fenomena semacam pasang di Bulan.

Gravitasi Bumi mampu mengakibatkan tonjolan di permukaan Bulan yang tingginya sekitar 51 sentimeter. Tonjolan terjadi di wilayah Bulan yang dekat maupun jauh dari Bumi.

"Deformasi permukaan Bulan karena gravitasi Bumi sulit untuk diukur, tetapi mempelajarinya, kita bisa medapatkan petunjuk tentang interior Bulan," kata Erwan Mazarico dari NASA.

Mazarico mengungkapkan, dampak gravitasi Bumi pada Bulan dengan menganalisis data satelit Lunar Reconaissance Orbiter dan misi Gravity Recovery and Interior Laboratory (GRAIL).

Dengan cara itu, ilmuwan mengetahui bahwa gravitasi Bumi memang menimbulkan dampak nyata pada Bulan.

Dari jauh, Bulan tampak bulat. Namun, sama halnya dengan Bumi, Bulan memiliki tonjolan di beberapa sisi sehingga membuatnya seperti telur.

Diberitakan VOA, Jumat (30/5/2014), permukaan Bulan yang menonjol berpindah setiap waktu. Ini membuat Bumi dan Bulan seperti sepasang penari, saling merespons tarikan masing-masing.

Bumi dan Bulan juga seperti dua benda yang terlibat "perang" gravitasi. Gaya gravitasi keduanya saling memengaruhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com