Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manusia Prasejarah Goa Harimau Dikubur Berpasangan dan Berkelompok

Kompas.com - 29/05/2014, 18:49 WIB
Aloysius Budi Kurniawan

Penulis

OGAN KOMERING ULU, KOMPAS.com - Sebagian besar homo sapiens  atau manusia prasejarah Goa Harimau dikubur berpasangan dan berkelompok maksimal tiga individu dalam satu liang kubur.

Penguburan secara bersamaan dalam satu liang kubur ini menegaskan adanya hubungan keluarga atau keterkaitan secara genealogis di antara mereka.

Dalam ekskavasi ditemukan salah satu kubur pasangan yang terlihat seperti berpelukan pada pasangan individu laki-laki dan perempuan nomor 19 dan 20. Sementara itu, kubur kolektif juga terlihat pada kerangka individu nomor 43 yang merupakan seorang perempuan muda berusia 21 tahun.

Perempuan ini didampingi individu nomor 47, yaitu seorang anak berusia sekitar 1-2 tahun yang berada di bagian pinggul kanannya.  

Anggota Tim Penelitian Arkeologi Goa Harimau dari Balai Arkeologi Yogyakarta Sofwan Noerwidimengatakan, kemungkinan pasangan individu 19 dan 20 adalah pasangan suami-istri di masa hidupnya, karena terlihat dari kesejajaran posisi dan arah orientasi rangka yang tidak merendahkan salah satunya.

Sedangkan individu 43 dan 47 Ada kemungkinan adalah pasangan ibu dan anak. ’’Fenomena kubur berpasangan dan kolektif mengindikasikan adanya konsep kepercayaan manusia prasejarah saat itu, terutama paham tentang kehidupan setelah kematian. Karena itulah, kondisi kebersamaan yang telah mereka jalin di dunia semasa hidup berusaha mereka lanjutkan pada kehidupan setelah kematian,” kata Sofwan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com