Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Kamuflase Terhebat di Alam, Ulat Menyamar sebagai Ular

Kompas.com - 28/05/2014, 20:43 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com -- Banyak hewan mampu melakukan kamuflase atau penyamaran untuk melindungi diri dari mangsa. Namun, apa yang dilakukan oleh spesies lebah Hemeroplanes triptolemus mungkin adalah yang paling hebat.

Pada fase larva, atau ketika masih ulat, serangga itu tampak menakutkan. Wujudnya sama sekali tak menyerupai ulat pada umumnya, tetapi seperti ular ganas yang melilit dahan pohon. Daniel Janzen, biolog Universitas Pennsylvania, menyuguhkan wujud menakutkan itu dalam fotonya.

Caters News Agency Hemeroplanes triptolemus

Janzen mengambil foto-foto ulat itu di Area de Conservacion Guanacaste, Kosta Rika. Negara di Amerika Latin yang kaya keragaman hayati itu memang menjadi tempat di mana ulat-ulat memiliki wujud yang unik.

"Bagi orang normal kebanyakan, ulat memang terlihat aneh dan menakutkan, tetapi mereka cuma berjalan di taman," kata Janzen seperti dikutip Daily Mail, Rabu (28/5/2014). Namun, kata Janzen, ulat di Kosta Rika berbeda.

"Setiap ulat di Kosta Rika tampak seperti sesuatu yang lain, entah daun, dahan, atau dalam kasus ini, ular," urai Janzen yang telah meneliti ulat di Kosta Rika sejak tahun 1978 serta sudah menekuni serangga selama 50 tahun.

Janzen memotret banyak ulat selama kariernya. Ia mengungkapkan tak pernah terkejut dengan keunikan ulat-ulat di dunia, tetapi mengakui bahwa semuanya menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com